Minggu, 15 Maret 2009

BELAJAR LINE DANCE BAGI PEMULA





Howdy,

Tulisan ini bagi mereka yang baru ingin belajar berdansa atau sudah belajar, baik anggota CMCI maupun penggemar line dance tapi sering mengalami kesulitan. Semoga bermanfaat.

Line Dance tidak sulit untuk dipelajari asalkan Anda tekun dan bersedia meluangkan waktu untuk mempelajari pakem2-nya dan sedikit menghafal. Juga Anda tidak ter-gesa2 ingin melakukan line dance yang sulit seperti yang sering Anda lihat dilakukan oleh mereka yang sudah piawai. Terus terang penulispun dulu mulai dengan ter-tatih2.

Anda dapat memulainya dengan melakukan keseimbangan tubuh ketika melangkah.
Dari obervasi saya ada beberapa orang yang setelah melangkah, dimana seharusnya berat tubuh terletak pada kaki yang baru diletakkan cenderung untuk otomatis memindahkan berat badannya pada kaki yang tidak melangkah atau meletakkan berat badan pada kedua kaki. Dalam ber-Line Dance karena kita harus mengikuti beat lagu, jadi jika itu yang terjadi kita akan tertinggal karena bingung untuk melakukan langkah selanjutnya dengan kaki yang mana. Jadi pertama cobalah untuk berjalan maju dan mundur dengan selalu meletakkan berat tubuh pada kaki yang baru diletakkan, sampai Anda merasa nyaman.

Dalam CLD (Country Line Dance) dan (ILD) International Line Dance, “langkah” atau “melakukan langkah” disebut : “Step”. Dalam aba2 (ketika instruktur menyebutkan perintah ketika melatih) istilah bisa agak bervariasi, disini saya menggunakan istilah yang banyak digunakan para instruktur terkemuka :

Gerakan. . . . . . . . . . . . .Aba2
Langkah maju . . . . . . . . .Step
Langkah mundur . . . . . . .Back
Ke samping . . . . . . . . . . .Side atau lebih specifik
Ke kanan . . . . . . . . . . . . .Right
Ke kiri . . . . . . . . . . . . . . .Left

Saya juga menggunakan bahasa Indonesia ketika menjelaskan, tetapi agar para pemula terbiasa jika suatu saat diajar oleh instruktur yang menggunakan bahasa Inggris, dan juga ketika melihat dvd dari luar Indonesia ada baiknya dihafalkan.

Selanjutnya adalah ‘Touch” atau “Point” yaitu menyentuhkan jari kaki ke lantai, juga pada “Heel tap” atau mengetuk tumit ke lantai. Ketika touch, point atau tap, maka berat tubuh tetap berada pada kaki yang diam. Sehingga Anda akan melakukan langkat berikut dengan kaki yang baru saja melakukan gerakan.

Nah, cobalah Anda praktekkan hal2 di atas dan kita akan bertemu lagi segera pada panduan berikutnya.

Cheers
Twinkle Toe

e-mail : ldance5678@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar